Bunga Kredivo Jika Telat Bayar

bunga kredivo jika telat bayar

Daftar Isi

Pengertian Bunga Keterlambatan Kredivo

Bunga keterlambatan Kredivo adalah biaya tambahan yang dikenakan kepada pengguna yang tidak membayar tagihan tepat waktu.

Besaran bunga keterlambatan Kredivo adalah 4% per bulan dari total tagihan yang belum dibayar.

Contoh Perhitungan Bunga Keterlambatan Kredivo

Misalnya, Anda memiliki tagihan Kredivo sebesar Rp1.000.000 yang jatuh tempo pada tanggal 10 Maret. Namun, Anda baru membayar tagihan tersebut pada tanggal 15 Maret.

Maka, bunga keterlambatan yang dikenakan adalah:

Bunga Keterlambatan = Rp1.000.000 x 4% x (15 – 10) / 30 = Rp8.000

Jadi, Anda harus membayar bunga keterlambatan sebesar Rp8.000.

Dampak Keterlambatan Pembayaran Bunga Kredivo

bunga kredivo jika telat bayar

Menunggak pembayaran bunga Kredivo dapat menimbulkan konsekuensi yang tidak menguntungkan. Keterlambatan ini dapat berdampak negatif pada riwayat kredit Anda dan menimbulkan biaya tambahan.

Sebagai contoh, jika Anda memiliki saldo terutang sebesar Rp1.000.000 dengan bunga 2,95% per bulan, maka Anda akan dikenakan biaya bunga sebesar Rp29.500 setiap bulannya. Jika Anda terlambat membayar bunga selama satu bulan, maka Anda akan dikenakan biaya tambahan sebesar 5% dari total bunga terutang, yaitu Rp147,50.

Dampak pada Riwayat Kredit

Keterlambatan pembayaran bunga Kredivo dapat merusak riwayat kredit Anda. Riwayat kredit yang buruk dapat mempersulit Anda untuk mendapatkan pinjaman atau kartu kredit di masa mendatang, atau Anda mungkin dikenakan suku bunga yang lebih tinggi.

Biaya Tambahan

Selain biaya bunga yang terutang, keterlambatan pembayaran bunga Kredivo juga dapat dikenakan biaya tambahan, seperti biaya keterlambatan dan biaya administrasi. Biaya ini dapat bervariasi tergantung pada kebijakan Kredivo.

Cara Menghindari Bunga Keterlambatan Kredivo

bunga kredivo jika telat bayar

Membayar tagihan Kredivo tepat waktu sangat penting untuk menghindari bunga keterlambatan. Berikut adalah beberapa tips dan strategi untuk membantu Anda menghindarinya:

Atur Pengingat

  • Setel alarm atau pengingat di ponsel Anda untuk tanggal jatuh tempo pembayaran.
  • Gunakan aplikasi pencatat keuangan untuk melacak pengeluaran dan tenggat waktu pembayaran.

Gunakan Fitur Auto-Debit

Daftarkan Kredivo Anda untuk fitur auto-debit dari rekening bank Anda. Ini memastikan pembayaran dilakukan secara otomatis pada tanggal jatuh tempo, bahkan saat Anda lupa.

Bayar di Awal

Jika memungkinkan, bayar tagihan Kredivo Anda sebelum tanggal jatuh tempo. Ini memberikan Anda jeda jika terjadi keterlambatan yang tidak terduga.

Manfaatkan Pembayaran Parsial

Jika Anda tidak dapat melunasi tagihan penuh, lakukan pembayaran parsial sesegera mungkin. Meskipun tidak menghilangkan bunga keterlambatan, ini dapat mengurangi jumlah yang harus Anda bayar.

Komunikasikan dengan Kredivo

Jika Anda mengalami kesulitan keuangan dan tidak dapat melakukan pembayaran, hubungi Kredivo untuk mendiskusikan opsi penjadwalan ulang atau keringanan.

Solusi untuk Bunga Keterlambatan Kredivo yang Telah Terlanjur

bunga kredivo jika telat bayar

Jika Anda terlanjur menunggak pembayaran Kredivo, Anda bisa mengambil beberapa langkah untuk mengatasi bunga keterlambatan yang telah terjadi.

Salah satu opsi yang bisa dilakukan adalah mengajukan keringanan atau restrukturisasi bunga keterlambatan. Berikut penjelasan lebih lanjut:

Mengajukan Keringanan atau Restrukturisasi Bunga Keterlambatan

Untuk mengajukan keringanan atau restrukturisasi bunga keterlambatan, Anda perlu menghubungi pihak Kredivo dan menjelaskan kondisi keuangan Anda saat ini. Pihak Kredivo akan mempertimbangkan permintaan Anda dan memberikan keputusan berdasarkan kebijakan yang berlaku.

Jika pengajuan Anda disetujui, pihak Kredivo dapat memberikan keringanan atau restrukturisasi bunga keterlambatan dalam bentuk:

  • Penghapusan sebagian atau seluruh bunga keterlambatan
  • Penurunan suku bunga keterlambatan
  • Perpanjangan jangka waktu pembayaran bunga keterlambatan

Dengan mengajukan keringanan atau restrukturisasi bunga keterlambatan, Anda dapat mengurangi beban keuangan akibat bunga keterlambatan yang telah terlanjur terjadi.

Related posts