Saldo Minimal Mandiri Agar Tidak Terpotong

saldo minimal mandiri agar tidak terpotong terbaru

Daftar Isi

Saldo Minimal Mandiri

Bank Mandiri menerapkan ketentuan saldo minimal pada rekening nasabahnya. Saldo minimal ini bervariasi tergantung jenis rekening yang dimiliki. Jika nasabah tidak memenuhi saldo minimal yang ditetapkan, mereka akan dikenakan biaya administrasi.

Konsekuensi Tidak Memenuhi Saldo Minimal

  • Pengenaan biaya administrasi bulanan.
  • Pemblokiran sementara rekening hingga saldo minimal terpenuhi.
  • Penutupan rekening jika saldo minimal tidak terpenuhi dalam jangka waktu yang ditentukan.

Cara Mengecek Saldo

atm uang terpotong saldo mengembalikan keluar begini hanya

Mengecek saldo rekening Mandiri sangat penting untuk memantau kondisi keuangan Anda. Berikut beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk mengecek saldo rekening Mandiri:

Melalui ATM

Masukkan kartu ATM Mandiri Anda ke mesin ATM. Masukkan PIN Anda dan pilih opsi “Cek Saldo”. Layar akan menampilkan saldo rekening Anda saat ini.

Melalui Mobile Banking

Buka aplikasi Mandiri Online di ponsel Anda. Masuk dengan memasukkan username dan password Anda. Pilih opsi “Saldo Rekening” untuk melihat saldo rekening Anda.

Melalui Internet Banking

Kunjungi situs web Mandiri Online di komputer Anda. Masuk dengan memasukkan username dan password Anda. Pilih opsi “Saldo Rekening” untuk melihat saldo rekening Anda.

Cara Menjaga Saldo Minimal

saldo minimal mandiri agar tidak terpotong terbaru

Menjaga saldo minimal di rekening Mandiri sangat penting untuk menghindari potongan biaya administrasi. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memastikan saldo Anda tetap terjaga:

Menabung Rutin

  • Atur transfer otomatis dari rekening lain ke rekening Mandiri Anda secara berkala.
  • Gunakan aplikasi mobile banking untuk menjadwalkan tabungan secara otomatis.
  • Sisihkan sebagian dari pendapatan Anda untuk ditabung di rekening Mandiri.

Mengatur Pengeluaran

  • Buat anggaran bulanan untuk melacak pengeluaran dan mengontrol pengeluaran berlebih.
  • Gunakan aplikasi pengatur keuangan untuk mengelola pengeluaran dan mengidentifikasi area yang dapat dihemat.
  • Hindari berbelanja impulsif dan pertimbangkan kebutuhan sebelum melakukan pembelian.

Konsekuensi Tidak Memenuhi Saldo Minimal

Jika Anda tidak memenuhi saldo minimal yang ditentukan oleh bank Mandiri, Anda akan dikenakan beberapa penalti, antara lain:

Biaya Administrasi

Bank Mandiri akan mengenakan biaya administrasi bulanan sebesar Rp15.000 jika saldo rekening Anda di bawah saldo minimal.

Potongan Saldo

Selain biaya administrasi, bank Mandiri juga dapat memotong saldo rekening Anda sebesar Rp50.000 jika saldo Anda tidak memenuhi saldo minimal selama tiga bulan berturut-turut.

Pengecualian Saldo Minimal

saldo minimal mandiri agar tidak terpotong terbaru

Meskipun ketentuan saldo minimal diberlakukan, terdapat pengecualian dalam beberapa situasi tertentu. Bank Mandiri dapat membebaskan nasabah dari penalti saldo minimal jika memenuhi kriteria berikut:

Nasabah Prioritas

Nasabah Mandiri Prioritas dengan saldo gabungan di seluruh rekening Mandiri, seperti tabungan, giro, dan deposito, di atas jumlah tertentu (biasanya Rp100 juta atau lebih) dapat dibebaskan dari ketentuan saldo minimal.

Rekening Payroll

Rekening payroll yang digunakan untuk menerima gaji atau upah secara rutin biasanya dibebaskan dari ketentuan saldo minimal. Hal ini karena rekening tersebut secara teratur menerima aliran dana masuk.

Rekening Dana Pensiun

Rekening yang digunakan untuk menyimpan dana pensiun, seperti Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) atau program pensiun lainnya, umumnya dibebaskan dari ketentuan saldo minimal.

Rekening Deposito Berjangka

Rekening deposito berjangka dengan jangka waktu tertentu, seperti 3 bulan, 6 bulan, atau 12 bulan, biasanya tidak dikenakan ketentuan saldo minimal.

Nasabah dengan Kondisi Khusus

Dalam situasi tertentu, seperti kondisi darurat atau keadaan yang tidak terduga, Bank Mandiri dapat memberikan pertimbangan khusus dan membebaskan nasabah dari penalti saldo minimal. Hal ini akan ditinjau secara kasus per kasus.

Rekomendasi Saldo Ideal

Untuk menghindari potongan saldo minimal, disarankan untuk menjaga saldo akun di atas jumlah tertentu. Jumlah saldo ideal ini bervariasi tergantung pada biaya transaksi dan gaya hidup individu.

Secara umum, disarankan untuk menjaga saldo setidaknya dua kali lipat dari jumlah biaya transaksi bulanan. Ini akan memastikan bahwa ada cukup dana untuk menutupi biaya tersebut tanpa dikenakan penalti.

Faktor Gaya Hidup

  • Individu dengan gaya hidup aktif yang sering melakukan transaksi mungkin memerlukan saldo lebih tinggi untuk menghindari potongan.
  • Sebaliknya, individu yang jarang melakukan transaksi mungkin dapat menjaga saldo lebih rendah.

Biaya Transaksi

  • Biaya transaksi umum seperti biaya transfer, penarikan tunai, dan pembayaran tagihan.
  • Bank biasanya mengenakan biaya berbeda untuk setiap jenis transaksi.
  • Periksa biaya transaksi bank Anda dan kalikan dengan jumlah transaksi bulanan untuk memperkirakan biaya transaksi bulanan Anda.

Saldo Minimum yang Disarankan

Sebagai pedoman umum, saldo minimum yang disarankan adalah:

Jenis Akun Saldo Minimum
Tabungan 2x biaya transaksi bulanan
Giro 3x biaya transaksi bulanan

Related posts