Tarik Tunai Di Atm Bersama Kena Biaya Berapa

tarik tunai di atm bersama kena biaya berapa terbaru

Daftar Isi

Biaya Tarik Tunai di ATM Bersama

atm tunai tarik bri mesin setor

Menggunakan ATM Bersama untuk menarik tunai sering kali dikenakan biaya. Besarnya biaya bervariasi tergantung pada bank penerbit kartu dan bank pengelola ATM.

Tabel Perbandingan Biaya

Bank Penerbit Biaya Tarik Tunai di ATM Bersama
BCA Rp 7.500
Mandiri Rp 5.000
BRI Rp 10.000
BNI Rp 6.500

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Biaya

  • Jenis kartu yang digunakan (debit atau kredit)
  • Jumlah uang yang ditarik
  • Lokasi ATM
  • Waktu penarikan (hari kerja atau akhir pekan)

Batasan Tarik Tunai di ATM Bersama

tarik tunai di atm bersama kena biaya berapa terbaru

Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan nasabah, ATM Bersama menetapkan batasan penarikan tunai harian dan bulanan. Batasan ini bervariasi tergantung pada kebijakan masing-masing bank penerbit kartu.

Jumlah Penarikan Harian

Setiap bank penerbit kartu memiliki batas penarikan harian yang berbeda. Biasanya, batas ini berkisar antara Rp5.000.000 hingga Rp20.000.000 per hari. Nasabah dapat memeriksa batas penarikan harian mereka melalui aplikasi mobile atau situs web bank penerbit kartu.

Jumlah Penarikan Bulanan

Selain batas harian, terdapat juga batas penarikan bulanan. Batas ini biasanya lebih tinggi dari batas harian dan berkisar antara Rp10.000.000 hingga Rp100.000.000 per bulan. Nasabah yang melebihi batas penarikan bulanan dapat dikenakan biaya tambahan.

Konsekuensi Melebihi Batas

Jika nasabah melebihi batas penarikan harian atau bulanan, mereka mungkin dikenakan biaya tambahan. Biaya ini bervariasi tergantung pada kebijakan masing-masing bank penerbit kartu. Selain itu, nasabah juga mungkin tidak dapat melakukan penarikan tunai hingga batas penarikan berikutnya.

Tips Mengelola Batasan Penarikan Tunai

Untuk menghindari biaya tambahan dan ketidaknyamanan, nasabah disarankan untuk mengelola batasan penarikan tunai mereka dengan baik. Berikut beberapa tips yang dapat diikuti:

* Periksa batas penarikan harian dan bulanan Anda secara berkala.
* Rencanakan penarikan tunai Anda terlebih dahulu dan hindari penarikan dalam jumlah besar dalam satu waktu.
* Jika Anda perlu menarik uang tunai dalam jumlah besar, pertimbangkan untuk menggunakan layanan perbankan lainnya seperti transfer bank atau setor tunai.
* Manfaatkan fitur tarik tunai tanpa kartu di ATM Bersama yang memungkinkan Anda menarik tunai tanpa menggunakan kartu debit.

Dengan mengikuti tips ini, nasabah dapat mengelola batasan penarikan tunai mereka secara efektif dan menghindari biaya tambahan.

Alternatif Tarik Tunai Selain ATM Bersama

tarik tunai di atm bersama kena biaya berapa terbaru

Selain menggunakan ATM Bersama, ada beberapa alternatif lain untuk menarik uang tunai. Alternatif ini menawarkan biaya dan kenyamanan yang bervariasi, sehingga penting untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya sebelum memilih opsi yang tepat.

Tarik Tunai di Minimarket

Banyak minimarket seperti Indomaret dan Alfamart menyediakan layanan tarik tunai. Biaya tarik tunai di minimarket biasanya lebih tinggi dibandingkan ATM Bersama, namun menawarkan kenyamanan karena tersebar luas dan buka 24 jam.

Tarik Tunai di Bank Lain

Jika tidak ada ATM Bersama di dekat Anda, Anda dapat menarik uang tunai di bank lain. Namun, Anda perlu memperhatikan biaya tarik tunai antar bank yang biasanya lebih mahal. Selain itu, Anda mungkin perlu menyiapkan kartu identitas untuk verifikasi.

Tarik Tunai di Kantor Pos

Kantor pos juga menyediakan layanan tarik tunai. Biaya tarik tunai di kantor pos bervariasi tergantung pada jumlah uang yang ditarik. Keuntungan menggunakan kantor pos adalah tersebar luas dan biasanya memiliki jam operasional yang lebih lama dibandingkan bank.

Related posts